Do'a Harian Meraih Kemuliaan di Bulan Ramadhan


الحَمْدُ ِلله اَّلذِيِ أَرسَلَ رَسُولَهُ بِالهُدَي وَدِينِ الحَقِّ لِيُظهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَو كَرِهَ المُشرِكُونَ*  اشّهدُ أنْ لآاله الا اللهُ وَحْدَهُ لاشَريكَ لهُ وَأشْهَدُ أنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلهُ * اللهُمّ صَلىّ عَلى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وَعَلى الهِ وَأصْحَابِهِ وَسَلّمْ تَسْلِيمًا كثِيرًا * أمّابَعْد: فَيَا أيّهَاالنّاسُ، إتّقُوااللهَ تَعَالى، حَقّ تُقَاتِه وَلا تَمُوْتُنّ إلاوَانْتُمْ مُسْلِمُوْنَ*

Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin, segala puji bagi Allah yang telah menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan ampunan dan bulan pengajaran bagi kita untuk menjadi seorang muslim yang bertaqwa.
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. 2 : 183)

RAIH KEMULIAAN RAMADHAN
Salah satu sifat Allah SWT adalah Ia memiliki irodah (kehendak), sebagaimana firmanNya :
“Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka[1134]. Maha suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia).’ " (QS 28 : 68)
Bila Allah telah menentukan sesuatu, Maka manusia tidak dapat memilih yang lain lagi dan harus menaati dan menerima apa yang telah ditetapkan Allah.
Allah memilih sesuatu yang dikehendakiNya. Allah memilih tempat yang dikehendakiNya. Allah memilih manusia yang
dikehendakiNya, pilihanNya sendiri ada yang menjadi Rasul, pemimpin negara, ‘ulama’, dsb. Allah memilih gua Hiro' yang dikehendakiNya sebagai tempat pertemuan Rasul SAW dan Malaikat Jibril. Allah memilih Mekkah yang dikehendakiNya sebagai kiblat kaum Muslimin dan memilih pula kota Madinah sebagai basis pertahanan Rasulullah dalam menyebarkan risalah Ilahi.
Begitu pula halnya dengan bulan-bulan dalam setahun, Allah telah memilih Ramadhan sebagai bulan yang istimewa, yang namanya disebutkan dalam Al Qur-an. Jika Allah berkehendak, tentu ada suatu maksud tertentu dibalik kehendakNya itu. Allah telah mengistimewakan bulan Ramadhan, maka sudah tentu di dalamnya terdapat banyak kemuliaan.
Rasulullah SAW, ketika berada di penghujung bulan Sya'ban, selalu mengatakan kepada sahabatnya : "Telah datang padamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Maka sambutlah kedatangannya. Telah datang bulan shiyam membawa segala keberkahan, maka alangkah mulianya tamu yang datang itu." (HR. Ath Thabrani)
Dalam sabdanya yang lain :
قَدجَاءَ كُم رَمَضَانُ شَهرٌمُبَارَكٌ افتَرَضَ اللهُ عَلَيكُم صِيَامَهُ تُفتَحُ فِيهِ أَبوَابُ الجَنَّةِ وَتُغلَقُ فِيهِ أَبوَابُ الجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيلَةٌ خَيرٌ مِن أَلفِ شَهرٍ مَن حُرِمَ خَيرَهَا فَقَد حُرِمَ (رواه أحمد)
“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah yang di dalamnya Allah mewajibkan puasa, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Barangsiapa  yang tidak mendapat kebaikannya (Ramadhan), sungguh ia telah merugi.” (HR. Ahmad)
Dalam sejarah, kita menemukan betapa banyaknya kejadian penting terjadi pada bulan Ramadhan, diantaranya :

1.  Bulan diturunkannya Al Qur-an.
"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. 2 : 185)
Dalam tafsir Mafatihul Ghaib, berkenaan dengan ayat diatas, Ar Razi berkata : "Allah telah mengistimewakan bulan Ramadhan dengan jalan menurunkan Al Qur-an. Karenanya, Allah SWT mengkhususkannya dengan satu ibadah yang sangat besar nilainya, yakni puasa (shaum). Shaum adalah satu senjata yang dapat mengungkapkan tabir-tabir yang menghalangi kita manusia memandang nur Ilahi yang Maha Quddus. Al Qur-an adalah suatu kitab yang tiada bandingannya, pemisah yang haq dan bathil, berlaku sepanjang masa, dan menjadi pengikat seluruh ummat Islam di seluruh dunia.
 
2.  Bulan diturunkannya kitab-kitab Allah lainnya
Di bulan ini pula, Allah menurunkan kitab-kitabNya yang lain kepada para Rasul, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits: "Shuhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, Taurat diturunkan pada 6 Ramadhan dan Injil diturunkan pada 13 Ramadhan sedangkan Al Qur-an diturunkan pada 24 Ramadhan." (HR. Ahmad)
 
3.  Bulan pilihan Allah bagi terjadinya perang Badr.
Perang badar merupakan perang pertama yang dilakukan kaum Muslimin, dimana perang ini menjadi penentu kelangsungan perjuangan da'wah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW bersama para sahabatnya.
Perang Badr dinamakan Allah dengan sebutan "yaumul furqon" (hari pembeda antara yang haq dan bathil) yaitu hari jelasnya kemenangan orang Islam dan kekalahan orang kafir, Yaitu hari bertemunya dua pasukan di peperangan Badar, pada hari Jum'at 17 Ramadhan tahun ke 2 Hijriah.
Allah SWT berfirman:
“Ketahuilah, Sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, Maka Sesungguhnya seperlima untuk Allah, rasul, Kerabat rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, Yaitu di hari bertemunya dua pasukan. dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. 8 : 41)
Muhammad Qutb mengatakan dalam tafsirnya bahwa perang ini dari awal hingga akhirnya adalah rencana Allah SWT yang dilaksanakan dengan pimpinan dan bantuanNya. Dimana dalam jalannya pertempuran, Allah SWT memenangkan kaum Muslimin yang mempunyai personil dan persenjataan minim, ditambah kondisi fisik kaum Muslimin yang secara lahiriah lebih lemah karena sedang berpuasa, setelah menerima perintah yang baru beberapa saat diterimanya. Namun itu bukanlah hambatan untuk menang, karena kekuatan utama kaum Muslimin adalah kekuatan ruhiyyah mereka dengan keyakinan akan kebenaran janji Allah SWT.

4.  Bulan yang dipilih bagi terbukanya kota Mekkah (Fathul Makkah)
Peristiwa "fathul makkah" terjadi pada pertengahan bulan Ramadhan, sekitar 10000 kaum Muslim mendatangi Makkah dari segala penjuru. Pada saat itulah terjadi fenomena kemenangan yang tidak ada bandingannya dalam sejarah manapun, dimana semua musuh, hingga para pemimpinnya menerima dan mengikuti agama lawan. Ini tidak terjadi melainkan dalam sejarah Islam. Kemenangan ini hakikatnya adalah kemenangan akidah, kalimat tauhid dan bukan kemenangan individual atau balas dendam.
 
5.  Bulan yang dipilih Allah untuk Lailatul Qadar
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. 97 : 1-5)

6.  Bulan yang dipilih untuk pelaksanaan puasa dan pemindahan qiblat.
Firman Allah : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." QS. 2 : 183.
Bersamaan dengan turunnya ayat perintah berpuasa di bulan Ramadhan, pemindahan qiblat ummat Islam dari Baitul Maqdis ke Masjidil Haram inipun menjadi pembeda antara yang haq dan bathil, dimana pada saat sebelumnya orang Yahudi merasa lebih benar karena puasa mereka dan kiblat mereka diikuti kaum Muslimin. Namun dengan perintah itu, maka berbedalah kaum Muslimin dengankaum Yahudi tersebut. Berbeda pula kiblat Muslimin dengan mereka, serta puasa Muslimin dengan mereka. Kecongkakan merekapun berakhir dengan barokah bulan ini.
Demikianlah sebagian bukti sejarah yang ditakdirkan Allah SWT untuk menunjukkan keistimewaan bulan Ramadhan.
Oleh karena itu, sebagai orang yang beriman, kita wajib mengambil sebanyak-banyaknya kebaikan yang telah Allah sediakan buat hamba-hamba-Nya di bulan istimewa ini. Melalui berbagai amaliyah yang diajarkan Rasulullah SAW, Allah SWT telah menyiapkan pahala yang besar bagi orang-orang yang beriman.
Berikut ini beberapa hadits Rasulullah SAW yang menerangkan keutamaan ibadah di bulan Ramadhan.
Dari Abu Hurairah ra: Bahwa sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda: “Ketika datang bulan Ramadhan: Sungguh telah datang kepadamu bulan yang penuh berkat, diwajibkan atas kamu untuk berpuasa, dalam bulan ini pintu Jannah dibuka, pintu Neraka ditutup, Setan-Setan dibelenggu. Dalam bulan ini ada suatu malam yang nilanya sama dengan 1000 bulan, maka barangsiapa diharamkan kebaikannya (tidak beramal baik didalamnya), sungguh telah diharamkan (tidak mendapat kebaikan di bulan lain seperti di bulan ini)." (HR. Ahmad, Nasai dan Baihaqy).
Dari Urfujah, ia berkata: Rasullah SAW bersabda, ”Di bulan Ramadhan ditutup seluruh pintu Neraka, dibuka seluruh pintu Jannah, dan dalam bulan ini Setan dibelenggu. Dan dalam bulan ini ada malaikat yang selalu menyeru : ‘Wahai orang yang selalu mencari/ beramal kebaikan bergembiralah anda, dan wahai orang-orang yang mencari/berbuat kejelekan berhentilah (dari perbuatan jahat).’ Seruan ini terus didengungkan sampai akhir bulan Ramadhan." (HR. Ahmad dan Nasai )
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. Sesungguhnya Nabi saw. telah bersabda: “Shalat lima waktu, shalat Jum'at sampai shalat Jum'at berikutnya, shaum Ramadhan sampai shaum Ramadhan berikutnya, adalah menutup dosa-dosa (kecil) yang diperbuat diantara keduanya, bila dosa-dosa besar dijauhi." (HR.Muslim)
Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru, bahwa sesungguhnya Nabi saw. telah bersabda: “Shaum dan Qur'an itu memintakan syafa’at seseorang hamba, di hari kiamat nanti shaum berkata : ‘Wahai Rabbku, aku telah mencegah dia memakan makanan dan menyalurkan syahwatnya di siang hari, maka berilah aku hak untuk memintakan syafa'at baginya.’ Dan berkata pula Al-Qur'an: ‘Wahai Rabbku aku telah mencegah dia tidur di malam hari (karena membacaku), maka berilah aku hak untuk memintakan syafaat baginya.’ Maka keduanya diberi hak untuk memintakan syafaat." (H.R. Ahmad).
Diriwayatkan dari Sahal bin Sa'ad: Sesungguhnya Nabi saw telah bersabda: “Sesungguhnya bagi Jannah itu ada sebuah pintu yang disebut "Rayyaan". Pada hari kiamat dikatakan : Dimana orang yang shaum? (untuk masuk Jannah melalui pintu itu), jika yang terakhir diantara mereka sudah memasuki pintu itu, maka ditutuplah pintu itu." (HR. Bukhary Muslim).
Rasulullah saw. bersabda : Barangsiapa shaum Ramadhan karena beriman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu dan yang sekarang  (HR.Bukhary dan Muslim).
Salah satu usaha untuk meraih kemulian bulan mulia ini adalah dengan memperbanyak berdo'a kepada Allah SWT.
 
 “ Doa Harian Ramadhan “

Doa hari – 1
أَللّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِي فِيهِ صِيَامَ الصّآئِمِينَ وَقِيَامِي فِيهِ قِيَامَ الْقآئِمِينَ وَنَبَّهْنِي فِيهِ عَنْ نَوْمَةِ الْغَافِلِينَ وَهَبْ لِي جُرْمِي فِيهِ يَااِلهَ الْعَالَمِينَ وَاعْفُ عَنِّي يَاعَافِيَاعَنِ الْمُجْرِمِينَ
  Yaa Allah! Jadikanlah puasaku sebagai puasa orang-orang yang benar-benar berpuasa. Dan ibadah malamku sebagai ibadah orang-orang yang benar-benar melakukan ibadah malam. Dan jagalah aku dari tidunya orang-orang yang lalai. Hapuskanlah dosaku ... Wahai Tuhan sekalian alam!! Dan ampunilah aku, Wahai Pengampun para pembuat dosa.

Doa hari – 2
أَللّهُمَّ قَرَّبْنِي فِيهِ إِلىَ مَرْضَاتِكَ وَجَنِّبْنِي فِيهِ مِنْ سَخَتِكَ وَعَذَابِكَ وَوَفَّقْنِي فِيهِ لِقَرآئَـةِآيَاتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرحَمَ الرَّاحِمِينَ
Yaa Allah! Dekatkanlah aku kepada keridloan-MU dan jauhkanlah aku dari kemurkaan serta adzab-MU. Berilah aku kemampuan untuk membaca ayat-ayat-MU dengan rahmat-MU, Wahai Maha Pengasih dari semua Pengasih!!

Doa hari – 3
أَللّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيْهِ الذَّهْنِ وَالتَّنْبِيْهَ وَبَاعِدْنِي فِيهِ مِنَ السَّفَاهَةِ وَالتَّمْوِيْهِ وَجْعَلْ لِي نَصِيبًا مِنْ كُلِّ خَيْرٍ تُنْزِلُ فِيْهِ بِجُوْدِكَ يَا أَجْوَدَالأَجْوَدِيْنَ
Yaa Allah! Berikanlah aku rizki akal dan kewaspadaan dan jauhkanlah aku dari kebodohan dan kesesatan. Sediakanlah bagian untukku dari segala kebaikan yang KAU turunkan, demi kemurahan-MU, Wahai dzat Yang Maha Dermawan dari semua dermawan!

Doa hari – 4
أَللّهُمَّ قَوَّنِي فِيْهِ عَلَي إِقَامَةِ أَمْرِكَ وَأَذِقْنِي فِيْهِ حَلاَوَةَ ذِكْرِكَ وَأَوزِعْنِي فِيْهِ ِلأَدَآءِ شُكْرِكَ بِكَرَمِكَ وَاحْفَظْنِي فِيْهِ بِحِفْظِكَ وَسِتْرِكَ يَاأَبْصَرَالنَّاظِرِيْنَ
Yaa Allah! Berikanlah kekuatan kepadaku, untuk menegakkan perintah-perintah-MU, dan berilah aku manisnya berdzikir mengingat-MU. Berilah aku kekuatan untuk menunaikan syukur kepada-MU, dengan kemuliaan- MU. Dan jagalah aku dengan penjagaan-MU dan perlindungan-MU, Wahai dzat Yang Maha Melihat.

Do’a hari ke-5
أَللّهُمَّ اجْعَلْنِي فِيْهِ مِنَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ وَاجْعَلْنِي فِيْهِ مِنْ عِبَادِكَ الَّصَالِحِيْنَ القَانِتِيْنَ وَاجْعَلْنِي فِيْهِ مِنْ أَوْلِيَائِكَ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَأْفَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Yaa Allah! Jadikanlah aku diantara orang-orang yang memohon ampunan, dan jadikanlah aku sebagai hamba-MU yang sholeh dan setia serta jadikanlah aku diantara Auliya'- MU yang dekat disisi-MU, dengan kelembutan-MU, Wahai dzat Yang Maha Pengasih di antara semua pengasih.

Doa hari – 6
أَللّهُمَّ لاَتَخْذُلْنِي فِيْهِ لِتَعَرُّضِ مَعْصِيَتِكَ وَلاَ تَضْرِبنِي بِسِيَاطِ نَقِمَتِكَ وَزَحْزِحْنِي فِيْهِ مِنْ مُوجِبَاتِ سَخَطِكَ بِمَنَّكَ وَأَيَادِيْكَ يَامُنْتَهِي رَغْبَةِ الرَّاغِبِيْنَ
Yaa Allah! Janganlah Engkau hinakan aku karena perbuatan maksiat terhadap-MU, dan janganlah Engkau pukul aku dengan cambuk balasan-MU. Jauhkanlah aku dari hal-hal yang dapat menyebabkan kemurkaan-MU, dengan anugerah dan bantuan-MU, Wahai puncak keinginan orang-orang yang berkeinginan!

Doa hari – 7
أَللّهُمَّ أَعِنِّي فِيْهِ عَلَي صِيَامِهِ وَقِيَامِهِ وَجَنِّبْنِي فِيْهِ مِنْ هَفَوَاتِهِ وَارْزُقْنِي فِيْهِ ذِكْرَكَ بِدَوَامِهِ بِتَوْفِيْقِكَ يَاهَادِيَ الْمُضِلِّيْنَ
Yaa Allah! Bantulah aku untuk melaksanakan puasanya, dan ibadah malamnya. Jauhkanlah aku dari kelalaian. Dan berikanlah aku dzikir berupa dzikir mengingat-MU secara berkesinambungan, dengan Taufiq- MU, Wahai Pemberi Petunjuk orang-onang yang sesat.

Doa hari – 8
أَللّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيْهِ رَحْمَةَ الأَيْتَامِ وَإِطْعَامَ الطَّعَامِ وَإِفْسَآءَالسَّلاَمِ وَصُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَامَلْجَأَاْلآمِلِيْنَ
Yaa Allah! Berilah aku rizki berupa kasih sayang tenhadap anak-anak yatim dan pemberian makan, serta penyebaran salam, dan pergaulan dengan orang-onang mulia, dengan kemuliaan-MU, Wahai tempat berlindung bagi orang-onang yang berharap

Doa hari – 9
أَللّهُمَّ اجْعَلْ لِي فِيْهِ نَصِيْبًا مِنْ رَحْمَتِكَ الْوَاسِعَةِ وَاهْدِنِي فِيْهِ لِبَرَاهِيْنَكَ السَّاطِعَةِ وَخُذْبِنَاصِيَتِي إِلَي مَرْضَاتِكَ الْجَامِعَةِ بِمَحَبَّتِكَ يَاأَمَلَ الْمُشْتَاقِيْنَ
Yaa Allah! Sediakanlah untukku sebagian dari rahmat-MU yang luas, dan berikanlah aku petunjuk kepada ajaran- ajaran-MU yang terang, dan bimbinglah aku menuju kepada kerelaan-MU yang penuh dengan kecintaan-MU, Wahai harapan orang-orang yang rindu.

Doa hari – 10
أَللّهُمَّ اجْعَلْنِي فِيْهِ مِنَ الْمُتَوَكِّلِيْنَ عَلَيْكَ وَاجْعَلنِي فِيْهِ مِنَ الْفَائِزِيْنَ لَدَيْكَ وَاجْعَلْنِي فِيْهِ مِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ إِلَيْكَ بِإِحْسَانِكَ يَاغَايَةَ الطَّالِبِيْنَ
Yaa Allah! Jadikanlah aku diantara orang-orang yang bertawakkal kepada-Mu, dan jadikanlah aku diantara orang- orang yang menang disisi-MU, dan jadikanlah aku diantara orang-orang yang dekat kepada-MU dengan ihsan-MIU, Wahai Tujuan orang-orang yang memohon.

 Doa hari – 11
أَللّهُمَّ حَبَّبْ إِلَيَّ فِيْهِ اْلإِحْسَانَ وَكَرَّهْ إِلَيَّ فِيْهِ الْفُسُوْقَ وَالْعِصْياَنَ وَحَرَّمْ عَلَيَّ فِيْهِ السَّخَاطَ وَالنِّيْرَانَ بِعَوْنِكَ يَاغِيَاثَ الْمُسْتَغِيْثِيْنَ
Yaa Allah! Tanamkanlah dalam diriku kecintaan kepada perbuatan baik, dan tanamkanlah dalam diriku kebencian terhadap kemaksiatan dan kefasikan. Jauhkanlah dariku kemurkaan-MU dan api neraka dengan pertolongan-MU, Wahai Penolong orang-orang yang meminta pertolongan.

Doa hari – 12
أللّهُمَّ زَيَّنِّي فِيْهِ بِالسِّتْرِ وَالْعَفَافِ وَاسْتُرْنِي فِيْهِ بِلِبَاسِ الْقُنُوْعِ وَالْكَفَافِ وَاحْمِلْنِي فِيْهِ عَلَي الْعَدْلِي وَاْلإِنْصَافِ وَأَمِنِّي فِيْهِ مِنْ كُلِّ مَاأَخَافُ بِعِصْمَتِكَ يَاعِصْمَةَ الْخَائِفِيْنَ
Yaa Allah! Hiasilah diriku dengan penutup dan kesucian. Tutupilah diriku dengan pakaian qana'ah dan kerelaan. Tempatkanlah aku di atas jalan keadilan dan sikap tulus. Amankanlah diniku dari setiap yang aku takuti dengan penjagaan-MU, Wahai penjaga orang-orang yang takut.

Doa hari – 13
أللّهُمَّ طَهِّرْنِي فِيْهِ مِنَ الدَّنَسِ وَالأَقْذَارِ وَصَبَّرْنِي فِيْهِ عَلَي كَآئِنَاتِ اْلأَقْدَارِ وَوَفَّقْنِي فِيْهِ لِلتُّقَي وَصُحْبَةِ اْلأَبْرَارِ بِعَوْنِكَ يَاقُرَّةَ عَيْنِ الْمَسَاكِيْنَ
Yaa Allah! Sucikanlah diriku dari kekotoran dan kejelekan. Berilah kesabaran padaku untuk menerima segala ketentuan. Dan berilah kemampuan kepadaku untuk bertaqwa, dan bergaul dengan orang-orang yang baik dengan bantuan-MU, Wahai Dambaan orang-orang miskin.
   
Doa hari – 14
أَللّهُمَّ لاَتُؤَاخِذْنِي فِيْهِ بِالْعَثَرَاتِ وَأَقِلْنِي فِيْهِ مِنَ الْخَطَايَا وَالْهَفَوَاتِ وَلاَ تَجْعَلْنِي فِيْهِ غَرَضَأً لِلْبَلاَياَ وَاْلأَفَاتِ بِعِزَّتِكَ يَا عِزَّ الْمُسْلِمِيْنَ
Yaa Allah! Janganlah.Engkau hukum aku, karena kekeliruan yang kulakukan. Dan ampunilah aku dari kesalahan-kesalahan dan kebodohan. Janganlah Engkau jadikan diriku sebagai sasaran bala' dan malapetaka dengan kemualian-MU, Wahai Kemulian kaum Muslimin.

Doa hari – 15
أَللّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيْهِ طَاعَةَ الْخَاشِعِيْنَ وَاشْرَحْ فِيْهِ صَدْرِي بِإِنَابَةِ الْمُخْبِتِيْنَ بِأَمَانِكَ يَاأَمَانَ الْمُخَآئِفِيْنَ
Yaa Allah! Berilah aku rizki berupa ketaatan orang-orang yang khusyu'. Dan lapangkanlah dadaku dengan taubatnya orang-orang yang menyesal, dengan keamanan-MU, Wahai Keamanan untuk orang-orang yang takut.

Doa hari - 16
أَللّهُمَّ وَفُقْنِي فِيْهِ لِمُوَافَقَةِ اْلأَبْرَارِ وَجَنِّبْنِي فِيْهِ مُرَافَقَةَ اْلأَشْرَارِ وَأَوِنِي فِيْهِ بِرَحْمَتِكَ إِلَي دَارِ الْقَرَارِ بِإِلهِيَّتِكَ يَا إِلهَ الْعَالَمِيْنَ
Yaa Allah! Berilah aku kemampuan untuk hidup sebagaimana kehidupan orang-orang yang baik. Dan jauhkanlah aku dari kehidupan bersama orang-orang yang jahat. Dan naungilah aku dengan rahmat-MU hingga sampai kepada alam akhirat. Demi ketuhanan-MU Wahai Tuhan seru sekalian alam.

Doa hari – 17
Yaa Allah! Tunjukkanlah aku kepada amal kebajikan dan penuhilah hajat serta cita-cita-ku. Wahai Yang Maha Mengetahui keperluan, tanpa pengungkapan permohonan. Wahai Yang Maha Mengetahui segala yang ada didalam hati seluruh isi alam. Sholawat atas Mohammad dan keluarganya yang suci.

Doa hari – 18
Yaa Allah! Sedarkanlah aku akan berkah-berkah yang terdapat di saat saharnya. Dan sinarilah hatiku dengan terang cahayanya dan bimbinglah aku dan seluruh anggota tubuhku untuk dapat mengikufi ajaran-ajarannya, Demi cahaya-Mu Wahai Penerang hati para arifin.

Doa hari – 19
Yaa Allah! Penuhilah bagianku dengan berkah-berkahnya, dan mudahkanlah jalanku menuju kebaikan-kebaikannya. Janganlah Kau jauhkan aku dari ketertedmaan kebaikan- kebaikannya, Wahai Pembed petunjuk kepada kebenaran yang terang.

Doa hari – 20
Yaa Allah! Bukakanlah bagiku pintu-pintu sorga dan tutupkanlah bagiku pintu-pintu neraka, dan berikanlah kemampuan padaku untuk membaca AI-Quran Wahai Penurun ketenangan di dalam hati orang-orang Mu'min.

Doa hari – 21
Yaa Allah! benilah aku petunjuk menuju kepada kenidloan- MU. Dan janganlah Engkau bed jalan kepada setan untuk menguasaiku. Jadikanlah sorga bagiku sebagai tempat tinggal dan peristirahatan, Wahai Pemenuh kepenluan orang- orang yang meminta.

Doa hari – 22
Yaa Allah! Bukakanlah bagiku pintu-pintu karunia-MU, turunkan untukku berkah-berkahmu. Berilah kemampuan untukku kepada penyebab-penyebab keridloan-MU, dan tempatkanlah aku di dalam sorga-MU yang luas, Wahai Penjawab doa orang-orang yang dalam kesempitan.

Doa hari – 23
Yaa Allah! Sucikanlah aku dari dosa-dosa, dan bersihkanlah diriku dari segala aib. Tanamkanlah ketaqwaan di dalam hatiku, Wahai Penghapus kesalahan onang-orang yang berdosa.
 
Doa hari – 24
Yaa Allah! Aku memohon kepada-MU hal-hal yang mendatangkan keridloan-MU, dan aku berlindung dengan- MU dan hal-hal yang mendatangkan kemarahan-MU, dan aku memohon kepada-MU kemampuan untuk mentaati-MU serta menghindani kemaksiatan tenhadap-MU, Wahai Pemberi para peminta.

Doa hari – 25
Yaa Allah! Jadikanlah aku orang-.orang yang mencintai Auliya-MU dan memusuhi musuh-musuh MU. Jadikanlah aku pengikut sunnah-sunnah penutup Nabi-MU, Wahai Penjaga hati para Nabi.

Doa hari – 26
Yaa Allah! Jadikanlah usahaku sebagai usaha yang disyukuri, dan dosa-dosaku diampuni, amal perbuatan ku diterima, dan seluruh aibku ditutupi, Wahai Maha Pendengar dan semua yang mendengar.

Doa hari – 27
Yaa Allah! Rizkikanlah kepadaku keutamaan Lailatul Qadr, dan ubahlah perkara-perkaraku yang sulit menjadi mudah. Terimalah permintaan maafku, dan hapuskanlah dosa dan keslahanku, Wahai Yang Maha Penyayang terhadap hamba- hambanya yang sholeh.
 
Doa hari – 28
Yaa Allah! Penuhkanlah hidupku dengan amalan-amalan Sunnah, dan muliakanlah aku dengan terkabulnya semua permintaan. Dekatkanlah perantaraanku kepada-MU diantara semua perantara, Wahai Yang tidak tersibukkan oleh permintaan orang-orang yang meminta.

Doa hari – 29
Yaa Allah! Liputilah aku dengan rabmat dan benikanlah kepadaku Taufiq dan penjagaan. Sucikanlah hatiku dan noda-noda fitnah wahai pengasih terhadap hamb- hambaNYA yang Mu'min.

Doa hari – 30
Yaa Allah! Jadikanlah puasaku disertai dengan syukur dan penerima di atas jalan keridloan-MU dan keridloan Rasul. Cabang-cabangnya kokoh dan kuat berkat pokok-pokoknya, Demi kenabian Mohammad dan keluarganya yang suci, dan segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam.
 
MUTTAQIN ANANG TOHA
Do'a Harian Meraih Kemuliaan di Bulan Ramadhan Do'a Harian Meraih Kemuliaan di Bulan Ramadhan Reviewed by TARBIYAH SYAMILAH on 2:13 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.