Rahasia Bismillahirrohmanirrohim

 
TAUJIH PEKANAN KH. Bukhori Yusuf, Lc.,MA
(Pembina Rabithah Majelis Taklim Tarbiyah Syamilah Ogan Ilir)

Bismillaahhirahmaanirahiim,
Segala puji bagi Allah SWT yang maha pemberi dan pelindung. Selawat dan salam semoga tetap mengalir kepada Nabi agung, penuntun kehidupan pemberi syafaat Nabi Muhammad saw.
Segenenap kaum muslimin/muslimat khususnya anggota Rabithah Majelis Taklim Tarbiyah Syamilah Ogan Ilir yang kami cintai. Berikut taujhin pekanan semoga bermanfaat bagi kita.
"Basmallah (bismillahirrahmanirrahim), hakikatnya adalah inti sari dari al-Qur'an secara keseluruhan karena kandungan yang meliputinya yang begitu luas dan mendalam. Salah satu aspek yang terkandung dalam lafal basmallah adalah antara lain: Basmallah adalah Induk dari seluruh nama Allah yang 99 yakni; ar-Rahman dan ar-Rahhim.

Ar-Rahman, berarti Maha Mengasihi.
Segala hal yang tercipta dalam dunia ini dan seluruh kehidupannya adalah hakikat dari sifat Ar-Rahman-nya Allah SWT. Tanpa sifat Ar-Rahman bumi dan alam tidak akan pernah ada, tumbuh-tumbuhan pun tdk akan pernah terwujud, kehidupan pasti telah sirna sejak dulu kala.
Dengan Ar-Rahman manusia bisa saling mengasihi, bisa saling empati/peduli, bisa saling memberi. Adanya keturunan, lestarinya kehidupan makhluk hidup, lekatnya perjodohan dan tumbuhnya cinta dan kasih sesama makhluk hidup sesama manusia bahkan cinta yang tumbuh antar lawan jenis adalah serpihan dari kasih Allah kepada hamba-Nya ke dunia ini.
Rasullullah bersabda; 'Sesungguhnya Allah SWT memiliki 100 rahmat kasih sayang. Sebanyak 99 Ia simpan untuk hamba-hamba-Nya nanti di akhirat, sedangkan satunya Ia turunkan kepada umat manusia. Dengan hanya satu rahmat inilah, manusia satu dengan yang lainnya saling mencintai..” (HR. Bukhari)
Jadi, dari 100 kasih saying, 99 Allah simpan untuk hamba-Nya di Surga dan 1-nya Allah tebarkan untuk seluruh kehidupan di dunia sampai hari kiamat.

Ar-Rahmin, berarti Maha Menyayangi.
Jika sifat ar-Rahman berlaku bagi seluruh manusia tanpa terkecuali, namun sifat Ar-Rahmin hanya diberikan kepada hamba-Nya yg berada di surga nantinya. Kasih Allah di surga tidak terbatas, tidak dapat diukur, tidak dapat dibandingkan bahkan tidak dapat dibayangkan sehingga, org yg berakal (cerdas), memahami benar bahwa disanalah esensi kehidupan yg sejati.
Apabila 1/100 kasih Allah dapat menghidupi seluruh makhluk hidup di dunia sejak diciptakan sampai kiamat, maka, rasa sayang Allah kepad hamba-Nya yang beriman yang ditumpahkan suluruhnya di akhirat pasti akan menyebabkan penghidupan akhirat kelak kekal, abadi. Disinilah rahasia sabda Nabi Muhammad saw "Alkaiysu man dana nafsahu wa'amila lima ba’bdalmauti (orang yg cerdik adalah org yg memperhitungkan dirinya dan beramal demi kehidupan pasca kematian).
Dari taujih di atas, dapat kita ambil pelajaran yg besar yaitu; Rahasia Basmallah yg demikian mendalam. Maka diperintahkan bagi setiap orang mukmin yang ingin melakukan kegiatan/amalan/ibadah, mulailah dengan membaca Basmallah. Dan dengan menbaca basmallah disetiap kali kita mengawali pekerjaan dgn penuh hikmat dan kesadaran insya Allah akan menambah makna kehidupan kita menjadi lebih berarti dan berkualitas serta dapat menjad spirit untuk mendapatkan kehidupan bahagia di dunia dan akhirat. Sebagaimana sabda Nabi “Setiap pekerjaan penting (bernuansa ibadah) yang tidak diawali dengan bismillahirrahmanirrahim, maka pekerjaan itu akan terputus.” (HR Ibu Hibban) (allahu'alam).
Rahasia Bismillahirrohmanirrohim Rahasia Bismillahirrohmanirrohim Reviewed by TARBIYAH SYAMILAH on 6:40 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.