Disunahkan puasa Tasu’a dan ‘Asyura,
yaitu tanggal 9 dan 10 Muharram.
Mengapa disunnahkan puasa?
Karena Hari ‘Asyura atau 10 Muharram
adalah hari yang agung, pada hari tersebut Allah menyelamatkan nabi Musa dan
Harun ‘alaihima salam dan Bani Israil dari pengejaran Fir’aun dan bala
tentaranya di Laut Merah. Untuk mensyukuri nikmat yang agung tersebut, kaum
bani israel (baca Yahudi) diperintahkan untuk melaksanakan shaum ‘Asyura.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله
عَنْهُمَا، قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ المَدِينَةَ
فَرَأَى اليَهُودَ تَصُومُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، فَقَالَ: «مَا هَذَا؟»، قَالُوا:
هَذَا يَوْمٌ صَالِحٌ هَذَا يَوْمٌ نَجَّى الله بَنِي إِسْرَائِيلَ مِنْ
عَدُوِّهِمْ، فَصَامَهُ مُوسَى، قَالَ: «فَأَنَا أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْكُمْ»،
فَصَامَهُ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma
berkata: “Nabi shallallalhu ‘alaihi wa salam tiba di Madinah, maka beliau
melihat orang-orang Yahudi berpuasa hari ‘Asyura. Beliau (Rasulullah) bertanya
kepada mereka: “Ada apa ini?”
Mereka menjawab, “Ini adalah hari
yang baik. Pada hari ini Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka.
Maka Nabi Musa berpuasa pada hari ini.”
Nabi shallallalhu ‘alaihi wa salam
bersabda: “Saya lebih berhak terhadap nabi Musa dibandingkan kalian.” Maka
beliau berpuasa ‘Asyura dan memerintahkan para shahabat untuk berpuasa
‘Asura.”(HR. Bukhari no. 2204 dan Muslim no. 1130)
Kaum musyrik Quraisy sendiri juga
telah melaksanakan shaum ‘Asyura pada zaman jahiliyah. Mereka menganggap hari
tersebut adalah hari yang agung sehingga mereka melakukan penggantian kain Ka’bah
(kiswah) pada hari tersebut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam juga telah
melakukan puasa ‘Asyura sejak sebelum diangkat menjadi nabi sampai saat beliau
berhijrah ke Madinah. Hal ini mengindikasikan, wallahu a’lam, puasa ‘Asyura
diwarisi oleh kaum Quraisy dari ajaran nabi Ibrahim dan Ismail ‘alaihimas
salam.
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ
الله عَنْهَا، قَالَتْ: «كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِي
الجَاهِلِيَّةِ، وَكَانَ رَسُولُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَصُومُهُ، فَلَمَّا قَدِمَ المَدِينَةَ صَامَهُ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ، فَلَمَّا
فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ، وَمَنْ شَاءَ
تَرَكَهُ»
Dari Aisyah radiyallahu ‘anha
berkata: “Kaum musyrik Quraisy mengerjakan puasa pada hari ‘Asyura (10
Muharram) sejak zaman jahiliyah. Demikian pula Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wa salam mengerjakan puasa ‘Asyura. Ketika beliau tiba di Madinah, maka beliau
berpuasa ‘Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa. Kemudian ketika
puasa Ramadhan diwajibkan, beliau meninggalkan puasa hari ‘Asyura. Maka
barangsiapa ingin, ia boleh berpuasa ‘Asyura. Dan barangsiapa ingin, ia boleh
tidak berpuasa.” (HR. Bukhari no. 2002 dan Muslim no. 1125, dengan lafal
Bukhari)
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ
الله عَنْهَا قَالَتْ: كَانُوا يَصُومُونَ عَاشُورَاءَ قَبْلَ أَنْ يُفْرَضَ
رَمَضَانُ، وَكَانَ يَوْمًا تُسْتَرُ فِيهِ الكَعْبَةُ، فَلَمَّا فَرَضَ
الله رَمَضَانَ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
«مَنْ شَاءَ أَنْ يَصُومَهُ فَلْيَصُمْهُ، وَمَنْ شَاءَ أَنْ يَتْرُكَهُ فَلْيَتْرُكْهُ»
Dari Aisyah radiyallahu ‘anha
berkata, Mereka (baca:kaum quraisy) biasa melakukan puasa pada hari ‘Asyura (10
Muharram) sebelum diwajibkannya puasa Ramadhan. Pada hari tersebut Ka’bah
diberi kain penutup (kiswah). Ketika Allah mewajibkan puasa Ramadhan, maka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: “Baarangsiapa ingin berpuasa
‘Asyura, silahkan ia berpuasa. Dan barangsiapa ingin tidak berpuasa ‘Asyura,
silahkan ia tidak berpuasa.” (HR. Bukhari no. 1592)
Demikian juga bahwa puasa asyura,
pernah diwajibkan kepana kaum muslimin sebelum datang perintah melaksanakan
puasa Ramadhan.
عَنْ سَلَمَةَ بْنِ الأَكْوَعِ رَضِيَ
الله عَنْهُ، قَالَ: أَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
رَجُلًا مِنْ أَسْلَمَ: ” أَنْ أَذِّنْ فِي النَّاسِ: أَنَّ مَنْ كَانَ أَكَلَ
فَلْيَصُمْ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ، وَمَنْ لَمْ يَكُنْ أَكَلَ فَلْيَصُمْ، فَإِنَّ
اليَوْمَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ “
Dari Salamah bin Al-Akwa’
radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa salam memerintahkan
seseorang dari suku Aslam: “Umumkanlah kepada masyarakat bahwa barangsiapa tadi
pagi telah makan, maka hendaklah ia berpuasa pada sisa harinya. Dan barangsiapa
belum makan tadi pagi, maka hendaklah ia berpuasa. Karena hari ini adalah hari
Asyura’.” (HR. Bukhari no. 2007 dan Muslim no. 1824)
Dalam hadits yang lain Nabi mengutus
seseorang utk menumumkan puasa a'syura.
عَنِ الرُّبَيِّعِ بِنْتِ مُعَوِّذٍ،
قَالَتْ: أَرْسَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَدَاةَ
عَاشُورَاءَ إِلَى قُرَى الأَنْصَارِ: «مَنْ أَصْبَحَ مُفْطِرًا، فَلْيُتِمَّ
بَقِيَّةَ يَوْمِهِ وَمَنْ أَصْبَحَ صَائِمًا، فَليَصُمْ»، قَالَتْ: فَكُنَّا
نَصُومُهُ بَعْدُ، وَنُصَوِّمُ صِبْيَانَنَا، وَنَجْعَلُ لَهُمُ اللُّعْبَةَ مِنَ
العِهْنِ، فَإِذَا بَكَى أَحَدُهُمْ عَلَى الطَّعَامِ أَعْطَيْنَاهُ ذَاكَ حَتَّى
يَكُونَ عِنْدَ الإِفْطَارِ
Dari Rubayyi’ binti Mu’awwidz
radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam mengutus
seorang sahabat (di hari a'syura) ke kampung anshar (utk mengumumkan
puasa pada pada hari itu) “Barangsiapa siapa tadi pagi telah makan, hendaklah
ia berpuasa di sisa hari itu, dan barangsiapa telah berpuasa sejak pagi, maka
hendaklah tetap berpuasa.”
Sejak saat itu kami selalu berpuasa
‘Asyura dan kami jadikan anak-anak kecil kami berpuasa ‘Asyura. Kami membuatkan
mainan boneka untuk mereka dari bulu domba. Jika salah seorang di antara mereka
menangis karena lapar, maka kami berikan kepadanya mainana itu, begitulah
sampai datangnya waktu berbuka.” (HR. Bukhari no. 1960 dan Muslim no. 1136)
Dengan demikian puasa asyura' pernah
diwajibkan oleh Nabi kepada kaum muslimin sampai ada perintah puasa Ramadhan.
Dan ketika turun kewajiban puasa Ramadhan, maka status hukum puasa ‘Asyura
berubah dari wajib menjadi sunah.
Diantara keutamaan puasa a'syura
adalah menghapuskan dosa-dosa kecil selama setahun yang telah lalu, selama
kesyirikan dan dosa-dosa besar dijauhi.
Dari Abu Qatadah Al-Anshari
radhiyallahu ‘anhu bahwasanya:
وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ
عَاشُورَاءَ؟ فَقَالَ: «يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ»
“Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa salam ditanya tentang puasa hari ‘Asyura, maka beliau
bersabda: “Ia dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu.”(HR. Muslim
no. 1162)
Dari kajian di atas dapat ditarik
pelajaran sbb:
1. Di sunnahkan untuk berpuasa pada
tanggal 9 dan 10 muharram.
2. Mengajarkan kepada keluarga dan
anak2 agar membiasakan puasa sunnah tersebut.
3. Puasa asyura dapat menghapus dosa
selama setahun.
4. Hukum puasa a'syura adalah sunnah
yg amat dianjurkan (muakkad).
Wallahu a'lam.
Puasa asyura
Reviewed by TARBIYAH SYAMILAH
on
2:19 PM
Rating:
No comments: