Haji Mambrur dan Keutamaannya


Setiap mukmin pastilah sangat mengharapkan Allah SWT mentakdirkan dirinya untuk melaksanakan haji dan atau umrah ke tanah suci Mekkah. Semoga penulis dan pembaca artikel ini dipanggil Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji dan atau umrah. Aamiin.

Kalau hanya sekedar pergi haji/umrah, tentunya bagi mereka yang memiliki banyak uang sangat mudah mereka lakukan bahkan berkali-kalipun bisa. Namun pulang haji/umrah dengan membawa predikat mabrur, tidak semua orang dapat meraihnya, apalagi bagi mereka yang diberangkatkan oleh harta yang haram dan niat yang tidak ikhlas.

Al Hasan Al Basri rahimahullah mengatakan, "Haji mabrur adalah jika sepulang haji menjadi orang yang zuhud dengan dunia dan merindukan akhirat".
Al Qurthubi rahimahullah menyimpulkan, "Haji mabrur adalah haji yang tidak dikotori oleh maksiat sejak saat melaksanakan manasik dan tidak lagi gemar bermaksiat etelah pulang haji".
An Nawawi rahimahullah berkata, "Pendapat yang paling kuat dan yang paling terkenal: Haji mabrur adalah haji yang tidak ternodai oleh dosa".

Ulama'-ulama' lain berpendapat:
"Haji mabrur adalah haji yang diterima dan diantara tanda-tanda diterimanya haji seseorang adalah adanya perubahan menuju yang lebih baik setelah pulang dari pergi haji dan tidak membiasakan diri melakukan berbagai maksiat".
"Haji mabrur adalah haji yang tidak tercampuri oleh unsur riya'".
"Haji mabrur adalah jika sepulang haji tidak lagi bermaksiat".
"Haji mabrur adalah haji yang dilakukan dengan ikhlas dan bukan atas riya', bukan ingin mencari pujian apalagi cuma sekedar mencari gelar H dan setelah pulang haji maka semakin meningkat kualitas diri, amal dan taqwa yang bersangkutan".

Haji yang mabrur sebagaimana pendapat ulama' di atas, mudah-mudahan Allah SWT berikan kepada semua calon jama'ah haji pada tahun ini, sehingga mereka yang beruntung tersebut akan mendapatkan keutamaan dari Allah SWT sebagai berikut:

1. Telah tercatat sebagai orang yang telah melakukan amalan yang paling afdhal.

Abu Hurairah ra. berkata, "Nabi SAW ditanya, 'Amalan apa yang paling afdhal?' Beliau menjawab, 'Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya'. Ada yang bertanya lagi, 'Kemudian apa lagi?' Beliau SAW menjawab, 'Jihad di jalan Allah'. Ada yang bertanya lagi, 'Kemudian apa lagi?', 'Haji mabrur', jawab Nabi SAW.". (HR. Bukhari)

2. Mendapatkan balasan surga.

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW bersabda, "Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga". (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Termasuk orang yang telah berjihad di jalan Allah SWT.

Dari A'isyah rha., ia berkata, "Wahai Rasulullah, kami memandang bahwa jihad adalah amalan yang paling afdhal. Apakah berarti kami harus berjihad?" "Tidak, Jihad yang paling utama adalah haji mabrur", jawab Rasulullah SAW. (HR. Bukhari)

4. Dihapuskan dosa dan kesalahannya.

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata bahwa ia mendengar Nabi SAW bersabda, "Siapa yang berhaji ke Ka'bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika ia dilahirkan oleh ibunya." (HR.Bukhari)

5. Dihilangkan darinya kefakiran dan dosa.

Dari Abdullah bin Mas'ud ra., Rasulullah SAW bersabda, "Ikutkanlah Umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga." (HR. An Nasa'i, Tirmidzi dan Ahmad, Al Bani menyatakan hadits ini shahih)

6. Menjadi tamu Allah SWT.

Dari Ibnu Umar ra., dari Nabi SAW beliau bersabda, "Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta umrah adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri." (HR. Ibnu Majah, dan Al Bani menyatakan hadits ini Hasan)
Haji Mambrur dan Keutamaannya Haji Mambrur dan Keutamaannya Reviewed by TARBIYAH SYAMILAH on 6:12 AM Rating: 5

6 comments:

  1. Subhanallah alangkah beruntungnya orang yang telah dapat menunaikan ibadah haji. Terimakasih pak ustadz atas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada Bapak agar dapat pergi haji atau umroh

      Delete
  2. ya Allah berilah kami kekuatan untuk menjaga kemabruran dengan ibadah yang lebih baik tutur kata,sikap tingkah laku yang lebih menyejukan kepada siapa saja yang mendengarkan dan melihatnya.Amien

    ReplyDelete
  3. pentingnya sholat bagi seorang muslim
    http://bocahhijrah.blogspot.co.id/2017/11/pentingnya-shalat-bagi-seorang-muslim.html

    ReplyDelete

Powered by Blogger.