Nasib Tukang Kayu

Bacalah dengan seksama kisah berikut, lalu tuliskan komentar anda tentang salah satu hikmah kisah tersebut!




إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا
Artinya:
Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri (QS. Al Isra' : 7)

Seorang tukang kayu bermaksud pensiun dini dari pekerjaannya di sebuah perusahaan konstruksi perumahan. Ia menyampaikan keinginannya tersebut kepada pemilik perusahaan. Tentu saja, karena tidak bekerja ia akan kehilangan penghasilan bulanannya. Akan tetapi, keinginan si tukang kayu ini sudah bulat. Ia sudah merasa lelah, ia ingin beristirahat dan menikmati sisa hari tuanya yang penuh damai dan ketenangan dengan anak juga isterinya.

Di pihak lain, pemilik perusahaan merasa sedih kehilangan salah seorang pekerja terbaiknya. Ia lalu memohon kepada tukang kayu tersebut untuk membuatkan sebuah rumah untuk dirinya, sebagai karya terakhir yang bisa dipersembahkan bagi perusahaan.

Tukang kayu mengangguk menyetujui permohonan pribadi pemilik perusahaan tersebut. Tetapi sebenarnya hati kecilnya menolak dan merasa terpaksa. Pikirnya, si pemilik perusahaan tidak mau rugi, bahkan di saat-saat terakhir pun ia masih dipekerjakan. Akhirnya hatinya tidak sepenuhnya tercurah pada pengerjaan rumah tersebut. Dengan bahan sekedarnya dan bekerja ogah-ogahan ia pun mengerjakan proyek terakhirnya itu. Alhasil, rumah pun selesai dengan hasil yang tidak optimal. Ia mengakhiri kariernya dengan prestasi yang tidak maksimal.

Ketika pemilik perusahaan itu datang melihat rumah yang dimintanya, sang tukang kayu lalu menyerahkan kunci rumah yang telah dibuatnya tersebut. Sang pemilik perusahaan mengucapkan terima kasih atas karya terakhir sang tukang kayu tersebut.

Kemudian sang pemilik perusahaan menyalami sang tukang kayu, lalu sang pemilik perusahaan menyerahkan kunci rumah baru tersebut kepada si tukang kayu seraya berkata: "Ambillah, pakailah rumah ini untuk hari tuamu dan keluargamu, anggaplah ini sebagai ungkapan terima kasih perusahaan terhadap dedikasi dan loyalitasmu selama ini," demikian pemilik perusahaan menyampaikan kata-kata perpisahan.

Betapa terkejutnya si tukang kayu. Malu dan menyesal dirasakannya sewaktu menerima kunci rumah yang telah dibangunnya sendiri. Seandainya ia tahu, bahwa rumah tersebut akan diberikan untuknya, tentu ia kan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan dengan bahan-bahan yang baik dan kuat-kuat.

Dikutip dari buku Setengah Isi Setengah Kosong; Parlindungan Marpaung



####################

Melalui Tarbiyah Syamilah

Kami membimbing masyarakat yang berada di 24 unit Majelis Taklim setiap pekan dalam Membaca Al Qur'an, Membaca Terjemahnya, dan Mentadabburi Maknanya setiap pertemuan per pekan.


Mari titipkan sedekah jariyah Bapak/Ibu/Saudara/Saudari kepada kami !


Mudah-mudahan menjadi wasilah/sarana bagi kita semua untuk mendapatkan pahala yang akan terus mengalir sepanjang masa.




klik : bismillah
Nasib Tukang Kayu Nasib Tukang Kayu Reviewed by TARBIYAH SYAMILAH on 7:05 AM Rating: 5

103 comments:

  1. pertamax!!!!
    nice artikel pak, hikmah yang dapat saya ambil pada cerita di atas adalah "apabila sesuatu perbuatan yang disertai dengan keikhlasan maka insyah Allah akan menjadi berkah dan sebaliknya"

    nama : reza febriansyah
    kelas : XI.ipa.2

    ReplyDelete
  2. Hikmah yg bapat saya ambil daei cerita rumah tukang kayu yakni apabila kita bekerja kita harus ikhlas dlm melaksanakan pekerjaan tersebut nama : agung setiawan kelas: XI.IPA.2

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum...
    hikmah yang dapat saya ambil:jangan bersifat shuuzon lebih baik bersifat khusnuzon...
    sekian terimah kasih...
    dari:Rizki zulkarnain:X1.ipa.1

    ReplyDelete
  4. hikmah yang dapat di ambil adalah
    jangan pernah kita anggap remeh pekerjaan....dan serius lah dgn pekerjaan........dan ketahuilah.....boz kukan menambah beban kita.........dia menguji kita.jadi kita harus tetap semangat walau sesulit apapun............karna kalau ada kesulitan pazti ada kemudahan...................

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum Wr Wb...
    Hikmah yang dipetik dari rangkaian cerita diatas
    dapat disimpulkan bahwa:
    Jangan pernah berputus asa dikarnakan kita sudah tua,cepat lelah,sehingga kita tidak mau lagi bekerja.Allah telah mengatur rezeki kita asal kita mau berusaha dan berdoa dan Allah pun akan melimpahkan rezekinya kepadanya asalkan dengan niat hati yang ikhlas.

    Nama:Sutrisno
    Kelas:XI.IPA.2

    ReplyDelete
  6. Ass.
    Pak..
    Menurut saya,kalau tidak iklas jangan dikerjakan,
    tapi sebaiknya kita mencuba iklas dan mengerjakan,karna walaupun tidak diberi secara materi,mungkin pahala dia dapat..
    Ambil hikma dalam kisah ini...
    Bahwa kita harus iklas dan jangan hitun2an...

    Nama:fadila
    kelas:XI IPS 1

    ReplyDelete
  7. Assalamualikum WR.Wb
    Hikmah yang dapat kita ambil dari artikel tersebut adalah kita harus bekerja dengan ikhlas karena segala perbuatan yang didahului rasa ikhlas insya Allah akan memperoleh berkah dari Allah SWT, baik berupa harta atau pahala.
    Wassalam..............

    Nama: Abdullah Hafiz
    kelas: IX.IPS 2

    ReplyDelete
  8. ass.....
    hikmah yang dapat saya ambil dari artikel ini adalah kalau kita sedang melakukan pekerjaan harus dilandasi dengan keikhlasan, untuk itu buatlah pekerjaan itu menjadi hal yang menyenangkan....
    insya allah kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan....
    Nama : Muhammad Hanif
    Kelas : XI IPS 1

    ReplyDelete
  9. Ass......
    hikmah yang dapat saya ambil dari artikel ini adalah kita tidak akan mendaptkan hasil yang kita harapkan dalam melaksanakan pekerjaan, kalau kita melaksanakan pekerjaan itu dengan setengah hati......
    Nama : Muhammad Yogi
    Kelas : XI IPS 1

    ReplyDelete
  10. hikmahnya;
    janganlah melakukan perbuatan dengan tidak ikhlas dan janganlah kita seuzon dengan apayg di ceritakan orang lain kitaharus bersifat husnuzon..
    Nama; irwinsyah
    kelas;xi.ipa 2

    ReplyDelete
  11. hikmah yang sya ambil yaitu bila kita melakukan suatu hal atau pekerjaan seharusnya didasari oleh rasa ikhlas karna bila tidak semua pekerjaan yang kita lakukan hnyalah sia sia

    nama : soraya eviansha
    kelas : XI IPA 2

    ReplyDelete
  12. menurut saya hikmah dari rumah tukang kayu adalah kita tidak boleh melakukan sesuatu dengan tidak ikhlas karena itu akan sia-sia.

    Nama : Novi Andini
    Kelas : XI.IPA.2

    ReplyDelete
  13. Menurut saya hikmah dari cerita rumah tukang kayu adalah kita tidak boleh melakukan sesuatu pekerjaan itu dengan tidak ikhlas karena itu akan berujung tidak baik bagi kita sendiri dan akan menimbulkan penyesalan. sebaiknya kita melakukan sesuatu itu dengan ikhlas agar bernilai pahala disisi Allah.

    Nama : Novika Sari
    Kelas : XI.IPA.2

    ReplyDelete
  14. hikmah yang dapat di ambil dari cerita rumah tukang kayu itu adalah kita harus melakukan suatu pekerjaan/perbuatan dengan ikhlas,karena orang yang melakukan suatu pekerjaan dengan ikhlas akan di limpahkan pahala oleh allah swt,dan hasil pekerjaan tersebut tidak akan sia-sia.

    NAMA : RANI MARINA
    KELAS : XI IPA 1

    ReplyDelete
  15. Assalaamu'alaikum warohmatullaaaaaah wabarokaatuh
    Menurut saya,begitu banyak hikmah yang dapat kita ambil dari cerita di atas,yaitu :
    a. Perlunya bersifat amanah saat mendapat kepercayaan untuk melakukan sesuatu dari orang lain
    b. Ikhlas dalam melakukan suatu perbuatan
    c. Senantiasa berbaik sangka (husnuzon), baik terhadap Allah maupun terhadap sesama manusia
    d. Setiap ada ujian pasti ada hikmahnya. Jadi, manusia harus tetap sabar, ikhlas, dan berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam menjalankan setiap langkah dalam kehidupannya. sehingga pada akhirnya, dia bisa mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
    Nama : Rapianti
    Kelas : XI IPA 2
    Wassalaamu'alaikum warohmatullaaaaaah wabarokaatuh.

    ReplyDelete
  16. hikmah yang dapat saya ambil dari cerita rumah tukang kayu tersebut adalah kita harus belajar ikhlas dalam melakukan suatu pekerjaan supaya memperolehkan hasil yang baik.

    Nama : Neni Ifriani
    Kelas : XI.IPS.2

    ReplyDelete
  17. ASS ...
    HIKMAH yang dapat saya ambil dari cerita di atas bahwa sgala sesuatu yang kita kerjakan harus di landasi dengan niat ikhlas supaya apa yang tlah kita buat tidak sia-sia ...
    .

    meylinda
    X1 IPS 1

    ReplyDelete
  18. Assalamualikum WR.Wb
    Hikmah yang dapat kita ambil dari artikel tersebut adalah kita harus bekerja dengan ikhlas karena segala perbuatan yang didahului rasa ikhlas insya Allah akan memperoleh berkah dari Allah SWT, baik berupa harta atau pahala.
    Wassalam..............

    Nama: abdullah hafiz
    Kelas: XI IPS 2

    ReplyDelete
  19. ASS ..
    HIKMAH YANG DAPAT SAYA AMBIL adalah belajarlah untuk ikhlas ..

    ReplyDelete
  20. ass..
    hikmah yg saya ambil...
    sebagai umat isla kita harus ikhlas,jika kita tidak ikhlas maka tidak akan mendapat pahala begitupun sebaliknya akan mendapatkan dosa,ALLAH membenci orang yg suka menolong tetapi dgn niat yg tdk ikhlas..

    nunung savitri
    XI IPS 1

    ReplyDelete
  21. ass.
    hikmah yg saya ambil dari cerita tersebut,kita mengerjakan sesuatu itu harus dengan ikhlas,dan kita tidak boleh menyepelekan pekerjaan tersebut.


    windasari
    xl ips1

    ReplyDelete
  22. assalamualaikum WrWb
    Menurut pendapat saya hikmah yang dapat dipetik dari rangkain cerita diatas adalah:
    janganlah kita bekerja dengan hati sebelah atau dengan hati yang tidak ikhlas karma allah swt tidak menyukai orang yang berputus asa.karna itu kerjajanlah pekerjaan itu dengan hati yang ikhlas.karna rizki sudah diatur oleh allah swt asal kita mau berusaha dan do'a.

    wassalamualaikum WrWb

    ReplyDelete
  23. assalamualaikum WrWb
    Menurut pendapat saya hikmah yang dapat dipetik dari rangkain cerita diatas adalah:
    janganlah kita bekerja dengan hati sebelah atau dengan hati yang tidak ikhlas karma allah swt tidak menyukai orang yang berputus asa.karna itu kerjajanlah pekerjaan itu dengan hati yang ikhlas.karna rizki sudah diatur oleh allah swt asal kita mau berusaha dan do'a.

    wassalamualaikum WrWb

    Nama:Desi Aryani
    Kelas:XI.IPA.2

    ReplyDelete
  24. ass......
    hikmah yang dapat saya ambil dari artikel diatas"landasi pekerjaan itu dengan ke ikhlasan karena dengan ke ikhlasan,maka pekerjaan akan terasa lebih ringan...,dan kita tidak akan pernah tau kapan riski itu akan datang kepada kita,karena semua itu telah di atur oleh allah SWT.
    wass.......



    Nama:nurul matinni
    Kelas:XI.IPS.1

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum wr.wb
    menurut pendapat saya,hikmah yang dapat saya ambil dari cerita di atas adalah: dalam mengerjakan suatu pekerjaan, harus di landasi dengan niat yang ikhlas. karena ikhlas adalah kunci dari keberhasilan suatu pekerjaan/perbuatan.
    nama: jeprianto
    kelas: XI IPS 1

    ReplyDelete
  26. assalamu'alaikum wr.wr
    menurut saya hikmah yg terkandung dalam artikel di atas adalah :
    1.sebaiknya dalam kita mengerjakan sesuatu itu harus dgn ikhlas,agar hasilnya dapat memuaskan.
    2.percuma menyesali apa yang telah terjadi,oleh karena itu jika kita di beri kepercayaan dari orang lain untuk mengerjakan sesuatu kerjakanlah dengan sebaik-baik nya.

    Nama : Amanah Fitriah
    Kelas : XI.ips 2

    ReplyDelete
  27. assalamu'alaikum wr.wr
    menurut saya hikmah yg terkandung dalam artikel di atas adalah :
    1.sebaiknya dalam kita mengerjakan sesuatu itu harus dgn ikhlas,agar hasilnya dapat memuaskan.
    2.percuma menyesali apa yang telah terjadi,oleh karena itu jika kita di beri kepercayaan dari orang lain untuk mengerjakan sesuatu kerjakanlah dengan sebaik-baik nya.

    Nama : Amanah Fitriah
    Kelas : XI.ips 2

    ReplyDelete
  28. assalamualaikum wr.wb
    menurut saya hikmah yg terkandung dalam artikel di atas adalah"ikhlas lah dalam melakukan segala sesuatu"supaya hasil yg didapatkan memuaskan,,dan jika di beri amanah lakukan dengan sebaik-baiknya.



    Nama:elyza apriyanti
    Kelas:XI.IPS 1

    ReplyDelete
  29. Aslm'alkm...
    hikmah yang dapat saya ambil dari artikel di atas adalah lakukanlah setiap pekerjaan yang akan kita lakukan secara optimal sesuai dengan kemampuan kita masing-masing dan berpikir positiflah mengenai apa yang akan kita kerjakan, karena dengan berpikir positif insyaallah akan mendapat hasil yang baik serta cobalah untuk selalu ikhlas akan hal itu.

    Nama: Tia Haryati
    Kelas: XI.IPS 2

    ReplyDelete
  30. .. assalamualaikum wr wb
    menurut saya kita harus melakukan pekerjaan kita dengan ikhlas karena kalau kita melakukan semua pekerjaan dengan iklas pasti kita akan mendapatkan hasil yang baik atau hasil yang maksimal....

    nama:bela sapira
    kelas:XI. ips1

    ReplyDelete
  31. Assalamu'alaikum.wr.wb
    hikmah yang dapat saya ambil dari artikel di atas adalah belajarlah untuk ikhlas dalam melakukan suatu pekerjaan "cause with ikhlas the job can is the best"...........okay
    wassalamm.........

    Name : citra anggraini
    Class : XI. IPS.2

    ReplyDelete
  32. Assalamu'alaikum.wr.wb
    hikmah yang dapat saya ambil dari artikel di atas adalah belajarlah untuk ikhlas dalam melakukan suatu pekerjaan "cause with ikhlas the job can isthe best"...........okay
    wassalammm......

    Name : Citra anggraini
    Class: XI.IPS.2

    ReplyDelete
  33. assalammuallaikum wr.wb
    begitu banyak pelajaran ataupun hikmah yang dapat kita ambil dari kisah rumah tukang kayu di antaranya adalah saat kita di suruh untuk melakukan sesuatu,kita harus menerimanya dengan senang hati dan melakukannya dengan ikhlas, di samping kita akan mendapatka pahala, pekerjaan yang kita lakukan pun hasilnya akan bagus jika kita melakukanya dengan ikhlas. karna dampak dari ke ikhlasan dan ketekunan itu sangatlah. untuk itu kerjakanlah segala sesuatu hal itu dengan ikhlas, agar apa yang kita kerjakan tidak sia-sia.
    syukron katsirun
    wassalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  34. menurut saya hikmah dari cerita rumah tukang kayu tersebut adalah kita harus ikhlas dalam melakukan segala hal karna itu akan mendapat pahala dari Allah SWT dan pekerjaan itu akan mendapatkan hasil yang bagus.


    Nama : Ratu triana
    kelas : XI.ipa 1

    ReplyDelete
  35. hikmah dari cerita tersebut adalah kita harus melakukan sesuatu dengan ikhlas supaya pekerjaan tersebut tidak sia-sia, dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  36. menurut pendapat saya hikmah dari cerita tersebut adalah kita harus mengerjakan sesuatu dengan ikhlas, supaya mendapatkan hasil yang bagus dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.



    Nama : Fitriyani
    kelas : XI IPA 2

    ReplyDelete
  37. ass....
    hikmah yang dapat saya ambil dari cerita tersebut"seharusnya kita memulai sesuatu pekerjaan itu harus lah dengan niat yang ikhlas dan menaruh rasa sabar dalam mengerjakan suatu pekerjaan,karena dengan adanya niat yang ikhlas,maka akan tercapai hasil yang baik"
    wass......


    Nama:Raudhatul jannah
    Kelas:XI.IPS.1

    ReplyDelete
  38. assalam wr.wb
    salah satu hikmah yang dapat saya ambil adalah kita harus mengerjakan segala sesuatu dengan ikhlas,,,,,,karena orang yang ikhlas itu di senangi oleh ALLAH SWT,,,,,Yakinlah dengan kekuasaan_NYA,,, karena ALLAH maha segalanya....
    wassalam wr.wb

    Nama : Sasrih
    Kelas : Xl.lps.1

    ReplyDelete
  39. ass.....
    menurut pendapat saya:setiap pekerjaan itu harus ikhlas supaya pekerjaan itu baik dan memuaskan"

    Nama:Citra anggun haryati
    Kelas"XI.IPS.1

    ReplyDelete
  40. ass.wr,wb
    menurut saya ikhlas lah dalam melakukan apa pun terutama dalam segi pertolongan karna hal ini lah yang dapat membantu kita di dunia maupun di akhirat.

    nama : donny silistiono
    kelas : x1.ips1

    ReplyDelete
  41. assalam wr.wb...
    salah satu hikmah yang dapat saya ambil adalah kita harus menerima sesuatu pekerjaan dengan lapang dada,tanpa ada paksaan dari dalam hati.dan kita harus melakukan sesuatu pekerjaan dengan ikhlas,supaya hasilnya sesuai dengan apa yang di harapkan. > '_ ' <
    wassalam wr.wb...

    Nama : Venny bauty
    Kelas : Xl.lpa.1

    ReplyDelete
  42. ass.wr,wb
    menurut saya ikhlas lah dalam melakukan apapun terutama dalam segi pertolongan karna hal ini lah yang dapat membantu kita didunia maupun di akhirat.

    nama : donny sulistiono
    kelas : x1.ips2

    ReplyDelete
  43. ass.wr.wb
    menurut saya ikhlas lah dalam melakukan apa pun terutama dalam segi pertolongan karna hal ini lah yang dapat membantu kita di dunia maupun di akhirat contoh nya pada artikel diatas.

    nama : donny sulistiono
    kelas :x1.ips2

    ReplyDelete
  44. ass....
    menurut saya dalam melakukan pekerjaan itu harus ikhlas.,agar baik.


    Nama:endang astuti
    Kelas:IPS.1

    ReplyDelete
  45. hikmah yg bisa diambil dalam cerita situkang kayu "klu mau berbuat sesuatu harus dgn hati yang ikhlaS dan jgn pernah mengelu dlm pekerjaan yang telah kita lakukan itu"


    nama:agung gumelar
    kls :XI.IPS 1

    ReplyDelete
  46. menurut saya saat kita melakukan pekerjaan itu harus dgn hati yang tenang,ikhlas,sabar,yakin bahwa pekerjaan itu mudah kita lakukan


    nama:ardiansyah
    kelas:x1.ips 1

    ReplyDelete
  47. menurut saya artikel diatas hikma yang dapat kita ambil adalah sesuatu pekerjaan yang harus dilandasi dengan hati yang tenang dan sabar......


    nama:ardiansyah
    kelas:x1 ips 1

    ReplyDelete
  48. Assamualaikummmm......




    Hikmah yang dapat saya ambil dari artikel diatas yaitu dalam melakukan sesuatu itu harus ikhlas .................



    Nama:Indayani
    Kelas:XI.IPS 2

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum wr.wb
    hikmah yang dapat saya ambil dari cerita ini yaitu: kalau kta mngerjakan ssuatu harus dilandasi dengan hati yang ikhlas agar pekerjaan tersebut menjadi lebih bagus dan janganlah menila seseorang dari luarnya saja tetapi nlailah orang tersebut dari dalam hatinya
    Wassalamualaikum wr.wb

    Nama : Ahmad zuhdi
    kelas: XI.IPS 1

    ReplyDelete
  50. Assalamalaikum wr.wb
    hikmah yang dapat saya ambil dari cerita ini adalah kita tidak menilai seseorang dari luarnya saja tetapi nilailah seseorang tersebut dari dalam hatinya.
    Wassalamualaikum wr.wb

    Nama : Atra
    kelas: XI.IPS 2

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum wr.wb

    segala sesuatu perbuatan hendaklah dilaksanakan dengan ikhlas supaya apa yang dikerjakan menjadi berkah, dan didalam pekerjaan janganlah kita mengharapkan imblan apapun.

    nama: m. alvicky pratama
    kelas: XI.ipa.2

    ReplyDelete
  52. assalamualaikum wr.wb.

    trimah kasih pak atas ceritanya....

    hikma yang dapat saya ambil dari cerita diatas adalah : di setap melakukan pkrjaan hrus lah dgn ikhlas dan jangan terpaksa,nanti hasilnya tdk bgus...dan jnganlah bersifat berburuk sangka kepada org lain...

    terima kasih....

    NAMA : IDE BAGUS ADIL
    KELAS: XI IPS 1

    ReplyDelete
  53. assalamualaikum.wr.wb

    hikma yang dapat diambil dari cerita diatas adalah;kita harus melakukan pekerjaan itu dengan hati yang ikhlas dan sabar agar hasilnya bagus dan memuaska


    Nama :Ahmad jumadi
    Kelas:XI.IPS.2

    ReplyDelete
  54. kita harus bersungguh-sungguh dalam berkerja.
    jangan merehkan pekerjaan
    tetap semangat selalu
    nama:m.firlandi winata
    kelas:xI.ipa.2

    ReplyDelete
  55. kita harus bersungg
    uh sungguh dalam mengerjakan sesuatu
    dari:a.farhan ivan
    kelas:is 2

    ReplyDelete
  56. ass wr wb

    hikmah yang dapat saya ambil dari cerita tsb,adalah lakukanlah segala sesuatu itu dengan penuh keikhlasan karena apabila kita melakukannya dengan ikhlas,maka kita pasta akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan kesenangan tersendiri atas apa yang telah kita kerjakan.

    nama:Ernawati
    kls:x1.ips1

    ReplyDelete
  57. ass wr wb
    hikmah yang dapat saya ambil dari cerita tsb adalah setiap pekerjaan yang kita lakukan bila dilakukan dengan ikhlas dengan hati yang sabar maka pekerjaan tsb akan dapat membuahkan hasil yang sempurna,

    nama:Mubarika
    kls:x1.ip1

    ReplyDelete
  58. hikmah yang dapat diambil:
    apabila mengerjakan sesuatu kerjakanlah dengan ikhlas supaya hasilnya menjadi baik....
    nama: irma angraini
    kelas: XI.ipa1

    ReplyDelete
  59. ass.
    trims buat ceritanya,,,
    hikmah yang dapat saya ambil adalah: kita tidak boleh berputus asa dan harus selalu ikhlas...

    nama : melani putri
    kelas : xi. ipa. 1

    ReplyDelete
  60. Asasalamualaikum Wr Wb
    hikmah yang dapat saya ambil adalah setiap pekerjaan hendaklah di lakukan dengan ikhlas supaya mendapat hasil yang memuaskan, begipun dengan belajar hendaknya bersungguh-sungguh supaya dapat hasil yang terbaik
    nama=istiqamah
    kelas=XI.ipa.2

    ReplyDelete
  61. assalamualaikum wr.wb
    hikama yg dapat saya ambil adalah setiap bekerja harus sungguh-sungguh dan ikhlas dalam bekerja
    nama= agnes ambar sari
    kelas= XI.ipa.2

    ReplyDelete
  62. assalamualikum
    hikma yang dapat saya ambil dari penggalan cerita di atas adalah
    ikhlas.. ikhlas memeng merupan hal yang paling sulit di lakukan..
    tetapi orang yang ikhlas merupakan seorang yang taqwa...


    nama rista lestari
    kelas xi ipa2

    ReplyDelete
  63. wenda desti putri utami ameliaFebruary 26, 2011 at 11:47 AM

    ass pak..

    hikmah yang dapat saya ambil dari cerita tersebut adalah ikhlas lah dalam mengerjakan sesuatu..
    karena kita tidak tahu apa yang direncanakan Allah SWT dari pekerjaan yang kita kerjakan...

    nama : wenda desti putri utami amelia
    kelas : XI. IA2

    ReplyDelete
  64. assalamualikum

    hikma yang dapat saya ambil dari penggalan cerita di atas
    yaitu.. setiap pekerjaan harus ikhlas
    penting nya ikhlas dalam kehidupan...
    saya pun pernah mendengar ceramah..
    apabila seorang ikhlas maka itu tanda orang taqwa

    nama rista lestari
    kelas xi ipa 2

    ReplyDelete
  65. menurut saya hikmah yg dapat di ambil adalah melakukan sesuatu itu harus dengan ikhlas,percaya diri.,..
    karna menyasali yg telah di perbuat itu hanya akan yg dapat sia-sia.,.,.




    nama rafika

    kelas x1 ips 1

    ReplyDelete
  66. hikmah yang dapat saya petik dari kisah di atas adalah setiap pekerjaan yang kita lakukan bila di kerjakan dengan hati yang sabar dan tidak emosi pekerjaan tersebut akan dapat membuah kn hasil yg sempurnah dan di laksanakn dengan penuh tanggung jawab dan berhati-hati....


    nama evi novita

    kelas x1 ips 1

    ReplyDelete
  67. hikma yang dapat saya ambil dari kisa di atas adalah setiap pekerjaan yang kita lakukan bila dikerjakan dengan baik dengan hati yang sabar dan tidak emosi pekerjaan tersebut akan membuahkan hasil yang sempurna dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan berhati-hati.

    ReplyDelete
  68. assalamualaikum...
    hikmah yang dapat saya ambil:jangan bersifat shuuzon lebih baik bersifat khusnuzon...
    dan pekerjaan harus kita lakukan dengan hati yang sabar dan tidak emosi pekerjaan tersebut akan membuahkan hasil maksimal sekian terima kasih..

    NAMA :AGUS SALIM
    KELAS:XI IPS2

    ReplyDelete
  69. assalamualaikum wr.wb
    hikama yg dapat saya ambil adalah setiap bekerja harus sungguh-sungguh dan ikhlas dalam bekerja
    setiap pekerjaan harus ikhlas
    penting nya ikhlas dalam kehidupan...
    saya pun pernah mendengar ceramah..
    apabila seorang ikhlas maka itu tanda orang taqwa

    NAMA :ATRA
    KELAS:XI IPS2

    ReplyDelete
  70. assalammuallaikum wr.wb
    begitu banyak pelajaran ataupun hikmah yang dapat kita ambil dari kisah rumah tukang kayu di antaranya adalah saat kita di suruh untuk melakukan sesuatu,kita harus menerimanya dengan senang hati dan melakukannya dengan ikhlas, di samping kita akan mendapatka pahala, pekerjaan yang kita lakukan pun hasilnya akan bagus jika kita melakukanya dengan ikhlas. karna dampak dari ke ikhlasan dan ketekunan itu sangatlah. untuk itu kerjakanlah segala sesuatu hal itu dengan ikhlas, agar apa yang kita kerjakan tidak sia-sia.


    NAMA :GUNTUR HIDAYATULLAH
    KELAS:XI.IPS2

    ReplyDelete
  71. Aslm'alkm...
    hikmah yang dapat saya ambil dari artikel di atas adalah lakukanlah setiap pekerjaan yang akan kita lakukan secara optimal sesuai dengan kemampuan kita masing-masing dan berpikir positiflah mengenai apa yang akan kita kerjakan, karena dengan berpikir positif insyaallah akan mendapat hasil yang baik serta cobalah untuk selalu ikhlas akan hal itu.


    NAMA :LUTFI
    KELAS:XI.IPS2

    ReplyDelete
  72. assalam wr.wb
    salah satu hikmah yang dapat saya ambil adalah kita harus mengerjakan segala sesuatu dengan ikhlas,,,,,,karena orang yang ikhlas itu di senangi oleh ALLAH SWT,,,,,Yakinlah dengan kekuasaan_NYA,,, karena ALLAH maha segalanya....
    wassalam wr.wb


    NAMA :A.FARHAN IVAN
    KELAS :XI.IPS2

    ReplyDelete
  73. assalam wr.wb...
    salah satu hikmah yang dapat saya ambil adalah kita harus menerima sesuatu pekerjaan dengan lapang dada,tanpa ada paksaan dari dalam hati.dan kita harus melakukan sesuatu pekerjaan dengan ikhlas,supaya hasilnya sesuai dengan apa yang di harapkan.
    wassalam wr.wb...

    NAMA:YUDA SAPUTRA
    KELAS:XI.IPS2

    ReplyDelete
  74. assamualaikum...... hikmah yang dapat saya ambil dari cerita tersebut adalah ikhlas lah dalam mengerjakan sesuatu karena kita tidak tahu apa yang direncanakan Allah SWT dari pekerjaan yang kita kerjakan.dan kita harus melakukan sesuatu pekerjaan dengan ikhlas,supaya hasilnya sesuai dengan apa yang di harapkan.
    wassalam wr.wb...


    NAMA:JUL MUKMIN
    KELAS:XI.IPS2

    ReplyDelete
  75. assalamualaikum...wr wb
    menurut saya hikmah yang dapat di ambil janganlah kita melakukan sebuah tugas dengan hati yang tidak ikhlas....
    dan janganlah kita suka berprasangka buruk/seuzon
    marilah kita harus bersifat husnuzon.....
    timakasih
    wassalam....

    nama:nurhayati Al
    kelas:Xi.ipa 2

    ReplyDelete
  76. nurhayati al mengatakan...

    assalamualaikum...wr wb
    menurut saya hikmah yang dapat di ambil janganlah kita melakukan sebuah tugas dengan hati yang tidak ikhlas....
    dan janganlah kita suka berprasangka buruk/seuzon
    marilah kita harus bersifat husnuzon.....
    timakasih
    wassalam....

    nama:nurhayati Al
    kelas;Xi.ips 2

    ReplyDelete
  77. assalamualaikum...wr wb
    menurut saya hikmah yang dapat di ambil adalah kita melakukan sebuah pekerjaan kita harus dengan hati yang ikhlas.



    nama : eliya
    kelas: XI IPS 2

    ReplyDelete
  78. assalamualaikum...wr wb
    menurut saya hikmah yang dapat di ambil ialah kita harus melakukan sesuatu itu dengan hati yang ikhlas dan tidak boleh berprasangka buruk kepada orang lain dengan tanpa bukti.

    ReplyDelete
  79. Asslm.....
    Menurut saya hikma yang dapat diambil adalah segala sesuatu harus dilakukan dengan tulus dan ikhlas supaya hasilnya memuaskan...




    NAMA :MIRANTI
    KELAS : XI IPS 2

    ReplyDelete
  80. ass wr.wb.
    pak.....
    hikmah yang dapat saya ambil dari artikel ini adalah"lakukanlah pekerjaan itu dengan sepenuh hati,karena setiap pekerjaan bila dilakukan dengan sepenuh hati (ikhlas) insyaallah akan mendapatkan hasil yang memuaskan pula"



    Nama:Ayu septianingsih
    Kelas:XI.IPS.1

    ReplyDelete
  81. nama:Riana Libraini
    kelas:Ipa2

    menurut saya,hikmah yg dpt di ambil dr cerita trsbt adalah dlm melakukn pekerjaan harus di dasarkn dg hati yg ikhlas,supaya mendptkn hasil yg memuaskn dan sesuai dg ap yg di inginkn,

    ReplyDelete
  82. ass,,,,
    menurut saya hikmah yang dapat di ambil dari cerita tersebut adalah....
    ''apabila suatu pekerjaan di lakukan dengan hati yang ikhlas maka kita akan mendapat balasan yang setimpal''....
    wass,,,

    ReplyDelete
  83. ass,,,
    menurut saya hikmah yang dapat saya ambil adalah
    'apabila suatu pekerjaan dilakukan dengan hati yang ikhlas maka kita akan mendapat hasil yang maksimal

    ReplyDelete
  84. assalamu'alaikum...wr wb

    menurut saya hikmah yang dapat kita ambil adalah kita melakukan sesuatu harus dengan hati yang ikhlas.




    nama : bella
    kelas: XI IPS 2

    ReplyDelete
  85. assalamu'alaikum...wr wb

    menurut saya hikmah yang dapat kita ambil adalah kita melakukan pekerjaan kita harus ikhlas untuk menjalaninya.

    ReplyDelete
  86. kita harus tetap semangat mengerjakan suatu pekerjaan
    harus serius jangan kita remehkan
    Allah akn memberikan kita kemudahan insyallah

    ReplyDelete
  87. ass.......
    hikmah yg dapat di ambil dari cerita di atas adalah...kita harus tetap slalu berusaha dgn gigih untuk mengerjakan suatu pekerjaan...
    dan janganlah sering berburuk sangka..
    kita kita mengerjakan tugas dgn tidak ikhlas maka tugas yang kita krjakan kan itu tidak akan berbuah manis,,,TRIMAKASIH
    nama:azma wulan dari
    kelas:XI.IPA 2

    ReplyDelete
  88. Assalamualaikum wr. wb
    menurut saya hikmah yang dapat dipetik dari cerita tersebut adlah ketika kita mengerjakan suatu pekerjaan, kita harus melakukannya dengan ikhlas. supaya kita dapat mengerjakan pekerjaan tersebut dengan maksimal dan hasilnya pun tidak akan mengecewakan kita.

    ReplyDelete
  89. Assalamualaikum wr. wb
    menurut saya hikmah yang dapat dipetik dari cerita tsb adlh ketika kita mengerjakan suatu pekerjaan kita harus mengerjakannya dengan ikhlas. supaya kita dapat mengerjakannya dengan maksimal dan hasilnya pun akan memuaskan
    nama : Hafida Arum
    Kelas : XI. Ipa2

    ReplyDelete
  90. assalamualaikum wr.wb
    hikma yg dapat saya ambil adalah dalam mengerjakan sesuatu harus akhlas
    nama : jhoni agusman
    kelas : XI.ips.2

    ReplyDelete
  91. assalamu'alakum.. wr.. wb..
    menurut saya hikmah yang dapat kita petik dari artikel di atas adalah kita harus melakukan sesuatu dengan ikhlas. agar mendapatkan hasil yang optimal.

    NAMA : ADE OKTARINA
    KELAS : IX.IPS.1

    ReplyDelete
  92. assalamu'alaikum..wr..wb
    hikmah yang dapat kita ambil dari artikel diatas adalah bahwa dalam melakukan sesuatu itu kita harus melakukankan dengan hati yang iklas agar usaha yang kita lakukan mendapat hasil yang baik.
    wassalammu'alaikum..wr..wb

    nama : ulul albab
    kelas : IX.IPS. 1

    ReplyDelete
  93. assamualaikum...... hikmah yang dapat saya ambil dari cerita tersebut adalah ikhlas lah dalam mengerjakan sesuatu karna melakukan sesuatu pekerjaan dengan ikhlas,supaya hasilnya sesuai dengan apa yang di harapkan.
    wassalam wr.wb...

    ReplyDelete
  94. assalamualaikum wr.wb
    hikma yg dapat saya ambil adalah dalam mengerjakan sesuatu harus akhlas
    nama : jhoni agusman
    kelas : XI.ips.1

    ReplyDelete
  95. Ass...
    Menurut saya hikmah yang dapat diambil dari cerita diatas adalah: ikhlaslah dalam mengerjakan sesuatu,maka hasilnya pasti akan memuaskan. Terimah kasih. . . . .

    Nama : Riki Rezki
    Kelas : XI.IPS.1

    ReplyDelete
  96. AsS..
    HIkmah yang dapat saya ambil adalah,jika kita sedang mengerjakan suatu pekerjaan..
    Kita harus melakukannya dengan sepenuh hati dan berSungguh-sungguh jika kita ingin menapatkan hasil yang kita inginkan.
    Wslm..


    Nama : Harliyanda
    kelas : XI.IPS 1

    ReplyDelete
  97. MenuruT Saya hIkmah yg terkandung dlam crita trSbuT Adalah..
    Jangan mudah puTus asa dalam melakukan pekerjaan.

    Nama : M.Bani akbAR
    KELAS : XI.IPs 1

    ReplyDelete
  98. menurut saya hikmah dari cerita rumah tukang kayu adalah segala sesuatu atau perbuatan harus di lakukan dengan penuh keikhlasan sehngga mendapatkan hasil yang maksimal.


    Nama : Rahmania
    kelas : xi.ipa 1

    ReplyDelete
  99. ass,,,,
    menurut saya hikmah yang dapat di ambil dari cerita tersebut adalah....
    ''apabila suatu pekerjaan di lakukan dengan hati yang ikhlas maka kita akan mendapat balasan yang setimpal''....
    wass,,,

    NAMA : DWI AKMALIA
    KELAS : XI.IPA.1

    ReplyDelete
  100. Menurut saya setelah membaca artikel di atas pesan yang dapat diambil yaitu kita tidak boleh berburuk sangka terlebih dahulu dengan oranglain,dan kita harus melakukan pekerjaan dengan rasa ikhlas sehingga hasil pekerjaan yang kita lakukan memuaskan dan tentunya juga mendapat pahala dari Allah SWT.



    Yaniar T.H
    XI IPA 2

    ReplyDelete
  101. Setelah saya membaca artikel tersebut. Menurut saya kita tidak boleh berburuk sangka terhadap siapapun, harus berkerja dengan ikhlas,tulus, bersungguh²dan semaksimal juga memberikan yang terbaik untuk apa yang kita kerjakan

    Nama: Reza Fahlefi Prasojo Ardi
    Kelas: XII MIPA 2

    ReplyDelete
  102. Nama : Ahmad Azri Jundi
    Kelas : XII Mipa 3

    Hikmah yang dapat saya ambil adalah segala sesuatu itu harus kita kerjakan dengan tulus dan ikhlas. Janganlah mengerjakan sesuatu dengan setengah hati. Jika kita mengerjakan nya dengan sepenuh hati, insyaallah hasilnya akan baik untuk kita. Serta biasakan untuk berbaik sangka kepada orang lain.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.