KUNCI SUKSES PERJALAN HIDUP

 KUNCI SUKSES PERJALANAN HIDUP

Oleh Ustadz MUTTAQIN Anang Toha



Hari ini saya bersama jamaah Unit 03 Tarbiyah Syamilah mentadabburi QS. Al Isra' : 1-10.


Melalui ayat 1 QS. Al Isra' tersebut Allah, SWT. mengingatkan tentang salah satu kekuasaan-Nya, yaitu memperjalankan Rasulullah, SAW. dari Mekah Ke Palestina lanjut ke Sidratul Muntaha dalam satu malam pada peristiwa Isra' dan Mi'raj.


سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚإِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS. Al Isra': 1)


Diantara kunci kesuksesan perjalan Rasulullah, SAW. yang menakjubkan tersebut adalah:

1. Kebersihan hati dan Aqidah yang disimbolkan dengan pembelahan dada Rasulullah

2. Pemandu terbaik yang menemani perjalanan Rasulullah, yaitu Jibril, as.

3. Kendaraan terbaik dan tercepat, yaitu Buraq

4. Ketaqwaan yang sempurna


Inilah perjalanan di "tahun kesedihan", yang tidak hanya menyenangkan hati Rasulullah, SAW. tetapi juga memberikan pelajaran besar bagi seluruh umat manusia.


Semoga kita dapat mengambil hikmah dari peristiwa besar itu, sehingga kita pun akan dapat diberikan kesuksesan dalam menempuh perjalanan menuju "surga". Aamiin


إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖوَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ

"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri". (QS. Al Isra': 7)


إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

"Sesungguhnya Al Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar". (QS. Al Isra': 9)


وَأَنَّ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

"dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, Kami sediakan bagi mereka azab yang pedih." (QS. Al Isra': 10)


Wallahu a'lam


Ogan Ilir, 4 Oktober 2020

UMAT

Ustadz MUTTAQIN Anang Toha


https://www.facebook.com/MuttaqinAnangToha/videos/1000693027072816/

KUNCI SUKSES PERJALAN HIDUP KUNCI SUKSES PERJALAN HIDUP Reviewed by TARBIYAH SYAMILAH on 8:42 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.