10 Hal Penghapus Dosa



Dari kitab, "An-Nuqath al-'Asyru adz-Dzahabiyah", karya: Syaikh Abdur Rahman bin Ali ad-Dausary  bahwa hukuman dosa (siksa) dapat dihapuskan dari seorang hamba dengan sepuluh sebab berikut ini:

1.   Taubat Nasuha.
"Orang-orang yang mengerjakan kejahatan, kemudian bertaubat sesudah itu dan beriman; sesungguhnya Tuhan kamu, sesudah taubat yang disertai dengan iman itu adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. al-A'raf: 153).

2.   Beristighfar.
"Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. an-Nisa`: 110).
"Wahai anak cucu Adam (manusia) seandainya dosa-dosamu setinggi awan di langit, lalu kamu meminta ampun kepadaKu, niscaya Aku akan mengampuni dosa-dosamu." (HR. at-Tirmidzi, dan dia berkata, "Hadits hasan shahih."

3.  Kebaikan-kebaikan menghapuskan dosa-dosa.
"Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS. Huud: 114).
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda, "Dan ikutilah perbuatan buruk/ kejahatan dengan perbuatan yang baik, niscaya dia menghapuskannya." (HR. at-Tirmidzi dan dia menghasankannya).

4.   Doa orang-orang yang beriman.
"Doa seorang muslim untuk saudaranya yang tidak hadir (tanpa sepengetahuannya, pen.) adalah mustajab, di samping kepalanya terdapat malaikat, setiap dia berdoa untuk saudaranya dengan kebaikan, malaikat yang diutus berkata, 'Amin, dan bagimu sepertinya (seperti orang yang didoakan, pen.)." (HR. Muslim).

5. Perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan/ diniatkan untuk si mayyit .
Para ulama berpendapat, "Amal shalih apa pun (yang dapat mendekatkan diri kepada Allah) yang dia kerjakan dan dia peruntukkan pahalanya untuk seorang muslim baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal, maka hal itu bermanfaat baginya." 
Peh... #UmrohSamo_UMAT

6.   Syafa'at Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan selainnya.

7.   Musibah-musibah.
"Tidaklah orang yang beriman ditimpa penyakit yang terus menerus dan tidak pula rasa cemas, rasa sedih, rasa susah dan rasa sakit, sampai-sampai duri yang menusuk kecuali Allah menghapuskan dengannya dari dosa-dosa/ kesalahan-kesalahannya." (HR. al-Bukhari dan Muslim).


8. Apa yang didapatkan oleh seorang hamba ketika di dalam kubur.

9.   Rasa takut, kesusahan serta kengerian terhadap kedahsyatan hari kiamat.

10. Rahmat Allah Subhanahu Wata'ala
"Katakanlah, 'Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang'." (Az-Zumar: 53).

Wallahu a’lam

####################
Melalui Tarbiyah Syamilah
Kami membimbing masyarakat yang berada di 12 unit Majelis Taklim setiap pekan dalam Membaca Al Qur'an, Membaca Terjemahnya, dan Mentadabburi Maknanya setiap pertemuan per pekan.

Mari titipkan sedekah jariyah Bapak/Ibu/Saudara/Saudari kepada kami !

Mudah-mudahan menjadi wasilah/sarana bagi kita semua untuk mendapatkan pahala yang akan terus mengalir sepanjang masa.

klik : bismillah
10 Hal Penghapus Dosa 10 Hal Penghapus Dosa Reviewed by TARBIYAH SYAMILAH on 7:04 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.