ANNOVA ONE WAY

 

ANNOVA SATU JALUR

Oleh:

MUTTAQIN



 

Contoh Soal:

Tiga Kelompok Subyek Penelitian Untuk Menguji Metode Pengajaran Mana Yang paling Baik. Metode pembelajaran tersebut adalah ceramah, diskusi, dan praktek. Data hasil penelitian disajikan pada Tabel berikut.

 

No

Ceramah

Diskusi

Praktik

1

25

17

26

2

11

16

20

3

16

18

17

4

26

20

26

5

32

10

43

6

25

14

46

7

30

19

35

8

17

34

9

18


 

Dengan menggunakan uji ANOVA Satu Jalur/Arah metode pengajaran manakah yang paling baik?

 

Pembahasan:

Tabel Penolong:

No

X1

X12

X2

X22

X3

X32

1

25

625

17

289

26

676

2

11

121

16

256

20

400

3

16

256

18

324

17

289

4

26

676

20

400

26

676

5

32

1024

10

100

43

1849

6

25

625

14

196

46

2116

7

30

900

19

361

35

1225

8

17

289

 

 

34

1156

9

 

 

 

 

18

324

ni

8

 

7

 

9

 

Jumlah

182

4516

114

1926

265

8711

nT

24

Sigma X

15153

 




 

Derajat Kebebasan (dk/df) Rata-rata (dkR) dengan rumus sebagai berikut:

dkR = 1

Derajat Kebebasan (dk/df) Antar kelompok (dkA) dengan rumus sebagai berikut:

dkR = k – 1 = 3 – 1 = 2

 

Derajat Kebebasan (dk/df) Dalam Kelompok (dkD) dengan rumus sebagai berikut:

dkD = N – k = 24 – 3 = 21

 


Rata-rata Jumlah Kuadrat Rata-rata (RJKD) dengan 


Berdasarkan perhitungan di atas, maka didapatkan data-data sebagai berikut:

Sumber Variasi

Jumlah Kuadrat (JK)

dk

Rata-rata Jumlah Kuadrat (RJK)

Fhitung

Rata-rata

13113,38

1

13113,38

5,32677

Antar Kelompok

686,469

2

343,2345

Dalam Kelompok

1353,151

21

64,43576

Total

15153

24

 

 

 

Berdasarkan data table di atas dipeoleh Fhitung sebesar 5,32677 lebih besar dari Ftabel = 3,47 sehingga Ho ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai hasil ketiga metode pembelajaran yang digunakan. Ada satu metode yang paling baik adalah metode praktik karena rata-rata nilainya lebih besar daripada yang lain. Rata-rata nilai dari praktik adalah 29,4444.

 

 


 

 


 

 

ANNOVA ONE WAY ANNOVA ONE WAY Reviewed by TARBIYAH SYAMILAH on 8:50 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.